LDKM Sastra Jepang 2019

 

Dalam memperbaharui sebuah sistem, sudah sepatutnya diperbaiki dari bagian dalam terlebih dahulu agar nanti dapat merambat keluar. Dan tujuan daripada LDKM yang menjadi sebuah kegiatan baru di Himpunan Sastra Jepang pada Kabinet Kakumei ini  untuk meningkatkan sikap kritis dan kreatif dalam menghadapi sebuah studi kasus yang diberikan. Guna membantu angkatan muda yang akan menjadi penerus dari sebelumnya dapat membuat evaluasi dari periode kemarin pada setiap program kerja yang dilaksanakan.

LDKM atau Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa ini diselenggarakan pada tanggal 21 – 22 Desember 2019, di Villa Tari, Cibodas. Alhamdulillaah, dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar meski sempat terjadi beberapa keterlambatan dari rundown yang sudah ditentukan karena cuaca yang tidak terprediksi. Terutama ketika akan pulang, kami terjebak selama nyaris 2 jam untuk menunggu hujan reda.

Dalam pelaksanaannya, dengan berbekal semangat, baik para peserta maupun panitia saling brainstorm untuk menggali ide baru dan menemukan jalan keluar dari sebuah akar permasalahan. Dari panitia pun memberikan beberapa arahan mentoring yang sangat penting dalam suksesnya sebuah program kerja.

Yakni, Divisi Acara, Sekretaris, Divisi Logistik dan Divisi Humas.

Keempat divisi tersebut memegang peran penting yang tanpanya sebuah event takkan mungkin berjalan dengan maksimal. Maka dari itu kami dari panitia berharap dari mentoring yang diberikan selama acara berlangsung, mampu menaikan daya pikir kritis peserta dalam meng-handle sebuah acara.


Setelah melakukan beberapa kali diskusi dengan setiap kelompok peserta yang sudah ditentukan, kami mengadakan acara BBQ sederhana. Acara BBQ ini bertujuan untuk saling mengeratkan hubungan emosional antar peserta dan panitia yang ke depannya akan bekerja sama dalam satu wadah bernamakan Himpunan.

Sambil memanggang, musik ikut berdendang. Kami bersenang-senang dan bercengkrama ria. Bebas namun tetap terbatas.

Harapnya, acara LDKM ini akan dapat terus terlaksana sebagai program kerja tetap untuk menggali ide dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota himpunan setiap tahunnya.

About Author
admin